Print Friendly

mau print

Sabtu, 31 Maret 2012

Wisata Harbour Bridge

Sydney Harbour Bridge (Jembatan Sydney Harbour)


Sydney Harbour Bridge adalah sebuah jembatan lengkung berkerangka besi dengan ketinggian puncaknya setinggi 134 meter diatas permukaan laut, pan­jang lengkungannya mencapai 1.149 meter, lebar jembatan 48,8 meter dengan berat baja 39.000 ton. Sydney Harbour Bridge mempunyai berat total sekitar 52.800 ton. Di atas jembatannya dibagi atas beberapa jalur, yang terdiri dari jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda, dan trotoar.
Sydney Harbour Bridge terletak di Pelabuhan Sydney (Sydney Harbour) dan berfungsi sebagai jalur utama untuk menyeberangi Pelabuhan Sydney yang menghubungkan antara Distrik Bisnis Sentral Sydney (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney (North Sydney). 
Pada tahun 1890, Francis Greenway seorang arsitek, mempunyai ide untuk membuat jembatan, kemudian pada tahun 1912 pembangunan jembatan dan rel kereta api diatasnya mulai dikerjakan dan John Brad­field ditunjuk sebagai insinyur yang memimpin proyek.
Pada tanggal 19 Maret 1932, Sydney Harbour Bridge mulai dibuka.

Prestasi Sydney Harbour Bridge : 
Pada tahun 2004, Sydney Harbour Bridge masuk Gui­ness World Records sebagai jembatan paling lebar di dunia yaitu dengan lebar 48,8 meter dan sekaligus tercatat sebagai jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berada pada ketinggian 134 meter di atas permukaan laut. Prestasi yang lainnya adalah tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia. 

Tur Mendaki Sydney Harbour Bridge : 


Jika suka dengan tantangan, wisatawan dapat menikmati keindahan Sydney Harbour dari sebuah ketinggian, maka wisatawan dapat mengikuti tur mendaki Sydney Harbour Bridge sampai setinggi 134 meter di atas permukaan laut. Tur mendaki Sydney Harbour Bridge adalah sebuah program wisata yang dibuka pertama kali pada tanggal 1 Oktober 1998. Agar aman ketika mendaki Harbour Bridge, maka sebelumnya oleh tim medis akan dilakukan dahulu pemeriksaan kesehatan, setelah itu pemandu wisata akan memberikan sebuah pelatihan cara menggunakan peralatan dan perlengkapan pengaman.
Tiket untuk mengikuti tur mendaki Sydney Harbour Bridge adalah cukup mahal, berkisar antara $179 - $295 Australia, ini tergantung waktu yang dipilih oleh wisatawan. Tiket yang termahal adalah mendaki Sydney Harbour Bridge pada saat menjelang malam atau menjelang matahari terbit. Pada saat menjelang malam atau menjelang matahari terbit ini, Sydney terlihat begitu indahnya dari atas ketinggian Sydney Harbour Bridge. Kegiatan tur mendaki Sydney Harbour Bridge ini dapat diikuti sepanjang hari dari hari senin sampai hari minggu.
Walaupun tiketnya mahal tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengikuti tur mendaki Sydney Harbour Bridge, setiap harinya ratusan orang antri untuk ikut program tur mendaki Sydney Harbour Bridge. Sydney Harbour Bridge sudah didaki oleh bermacam-macam kalangan, mulai dari rakyat biasa hingga orang terkenal, seperti pemimpin dunia, kaum bangsawan, aktor dan aktris, penyanyi, atlet dan lain-lainnya. 
Mendaki Sydney Harbour Bridge berarti siap untuk menghadapi sebuah ketinggian, tekanan udara dan angin yang berhembus dengan kencang, sehingga tidak semua orang sanggup menghadapi tantangan ini, sebagai alternatifnya wisatawan dapat memilih tantangan yang lebih ringan dan murah biayanya yaitu dengan memanjat bangunan pondasi utama diantara dua sisi jembatan. Biaya untuk memanjat bangunan pondasi hanya bertarif sekitar $9 Australia.


Sebagai catatan :


Chriss Muller adalah seorang nenek berusia 100 tahun, pada tahun 1999 telah berhasil menaklukkan Sydney Harbour Bridge dan dinobatkan sebagai pendaki Sydney Harbour Bridge yang tertua. 
pada tanggal 14 April 2003, pukul 10.45 waktu setempat, peserta tur mendaki Sydney Harbour Bridge yang ke 1.000.000 ditempati oleh Elizabeth Farrington dari York, Inggris. 







http://wisata-keliling-dunia.blogspot.com/2010/06/wisata-ke-kota-sydney.html

0 komentar:

Posting Komentar