Print Friendly

mau print

Sabtu, 31 Maret 2012

Wisata Blue Mountains


Blue Mountains

Anda akan jatuh hati dengan keindahan Kawasan Warisan Dunia pegunungan Blue Mountains yang berkabut biru – satu juta hektar hutan tinggi, tebing batu pasir, ngarai, air terjun dan hutan semak.
Saksikan pemandangan yang menakjubkan dalam perjalanan wisata lintas hutan semak, bersepeda gunung, panjat tebing, jelajah ngarai atau turun tebing. Kagumi tujuan wisata alam seperti air terjun Wentworth Falls dan Three Sisters – tiga puncak batu yang diberi nama menurut legenda Aborigin. Jelajahi sungai bawah tanah dan ruang-ruang di gua Jenolan Caves, kemudian berjalan menyusuri jalan bersejarah Six Foot Track menuju Katoomba. Di antara singkapan batu pasir dan hutan eukaliptus, Anda dapat menikmati hidangan lezat, pondok mewah, rel kereta api paling curam di dunia dan perkampungan seniman yang ramai.
Lima cara menikmati keindahan Blue Mountains
Aboriginal Heritage, Blue Mountains, NSW,
Aboriginal Heritage, NSW

1. Berjalan-jalan bersama pemandu Aborigin

Temukan berbagai warisan Aborigin yang kaya di pegunungan Blue Mountains – dari legenda Three Sisters sampai seni kuno dan tempat-tempat upacara adat. Kunjungi gua dangkal Lyrebird Dell, sebuah perkemahan Aborigin berumur sekitar 12.000 tahun. Lihat stensil dan jejak tangan yang halus di gua Red Hands Cave dekat Glenbrook. Anda dapat mencapai gua ini dengan berjalan kaki melintasi sungai Camp Fire Creek, di mana bertahun-tahun lalu suku Aborigin meninggalkan alur-alur yang dibuat dengan kapak pada batu vulkanis. Berjalan-jalan bersama pemandu Darug setempat dan pelajari songline yang menghubungkan tempat-tempat keramat. Saksikan pertunjukan melukis tubuh dan kulit kayu, nikmati masakan ala hutan semak dan berenang di danau billabong berair jernih di bawah air terjun berpelangi. Lihat dari dekat hewan-hewan liar, jelajahi gua batu pasir dan dengarkan cerita-cerita Dreamtime mengenai penciptaan hutan belantara ini.
Blue Mountains, NSW
Blue Mountains, NSW

2. Berjalan sambil menghirup udara pegunungan yang segar

Nikmati pemandangan pegunungan Blue Mountains – sungai kecil, air terjun, lembah berhutan, jurang gelap dan tebing curam – dari salah satu dari begitu banyak jalan setapak yang memiliki rambu-rambu jelas. Susuri jalur kuda lama yang dibangun tahun 1884 dari Katoomba menuju gua Jenolan Caves dalam perjalanan wisata tiga hari Six Foot Track. Atau ikuti perjalanan wisata santai Princess Rock Walk menuju tempat peninjauan di atas air terjun Wentworth Falls, Kings Tableland dan Mount Solitary. Anda dapat menjelajah dan menyusuri batu-batu besar menuju ngarai Glenbrook Gorge dalam perjalanan wisata Glenbrook Gorge Track. Atau memanjat tebing-tebing curam di sekitar air terjun Wentworth Falls lewat jalur National Pass yang menantang. Berjalan menyusuri Pulpit Rock Track melalui rawa-rawa, hutan eukaliptus dan semak belukar terbuka untuk menikmati pemandangan 280 derajat hutan gum biru di lembah Grose Valley.
Blue Mountains, NSW
Blue Mountains, NSW

3. Dekat tujuan wisata alam

Anda akan mengagumi pemandangan alam yang menakjubkan di pegunungan Blue Mountains. Beri penghormatan kepada Three Sisters dari Katoomba. Kemudian kunjungi air terjun Wentworth Falls, air terjun yang indah di tepi lembah Jamison Valley. Lihat air yang terjun hampir 300 meter dan saksikan pemandangan lembah tersebut dari jalan di sekelilingnya. Berdiri di atas singkapan batu pasir yang sempit di Hanging Rock dan dengarkan gema suara Anda melalui lembah luas berhutan di bawahnya. Jangan lupa melihat sungai bawah tanah, formasi prasejarah dan ruang-ruang besar di gua Jenolan Caves, jaringan gua bawah tanah terbuka paling tua di dunia. Rasakan bulu roma Anda berdiri dalam tur hantu atau nikmati konser gua bulanan dengan musik akustik alami dan suasana bagaikan di negeri dongeng. Di Mount Tomah Botanic Gardens, Anda dapat kembali ke masa silam bersama Wollemi Pine, salah satu tumbuhan tertua dan terlangka di dunia.
Blue Mountains, NSW
Blue Mountains, NSW

4. Dengan minum teh di sore hari atau menikmati hidangan panas

Pegunungan Blue Mountains merupakan tempat untuk makan, minum dan bersenang-senang. Makan siang di jalan Leura yang dipenuhi pohon yang indah, kemudian jelajahi galeri, butik dan toko pernak-pernik. Nikmati hidangan lezat di depan api unggun yang bergejolak atau nikmati kopi dan kue di kafe art deco di Katoomba. Beli makanan lezat di Blackheath atau nikmati teh sore hari di rumah bersejarah dan menakjubkan di gua Jenolan Caves. Pada bulan Juni, Juli dan Agustus, Anda dapat menyaksikan perayaan Yulefest sambil menikmati daging panggang dan puding Natal di pinggiran api unggun yang berkobar. Di mana pun Anda makan dan minum, Anda akan menyukai hidangan yang disajikan dengan penuh perhatian dan lingkungan pegunungan yang menggoda.
Zig Zag Railway, NSW
Zig Zag Railway, NSW

5. Dengan perjalanan panjang berkendara santai

Ikuti petualangan dalam perjalanan wisata Greater Blue Mountains Drive – rangkaian jalur kendara dan perjalanan wisata yang mengitari kawasan Warisan Dunia pegunungan Blue Mountains seluas 10.000 kilometer persegi. Anda dapat menjelajahi daerah sekitarnya seperti dataran tinggi Macarthur dan Southern Highlands, Mudgee, Hunter Valley dan Hawkesbury. Atau jelajahi tempat-tempat menakjubkan di dalam kawasan pegunungan Blue Mountains – termasuk Kurrajong, The Mounts, Blackheath dan Megalong – melalui 18 jalur perjalanan wisata. Kalau Anda letih mengemudi, naik kereta api Zig Zag Railway, kereta api uap tua yang menyusuri jalur lama dari Bell ke Lithgow.



0 komentar:

Posting Komentar