Print Friendly

mau print

Sabtu, 06 Oktober 2012

IDS (Ilmu Sosial Dasar)


1. Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yg menjelaskan masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi sosial, Sosiologi, Antropologi sosial, Ilmu politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Sumber : http://sulfikar.com/ilmu-sosial-dasar-defenisi-kuliah-i.html

2.Ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu yang mempelajari masalah sosial yang timbul dan berkembang di lingkungan masyarakat dengan melihat fakta, konsep dan teori tentang ilmu sosial. Dalam hal ini ilmu sosial dasar memiliki manfaat yang sangat penting untuk memahami dan menangani masalah sosial yang ada di masyarakat dari berbagai ilmu pengetahuan seperti geografi, antropologi, ekonomi dan psikologi.
Pokok bahasan dalam Ilmu sosial dasar yaitu pertentangan sosial, integrasi nasional dan integrasi sosial, pembangunan dan perubahan sosial dan segala aspek sosial yang menyangkut dengan kehidupan masyarakat.
Sumber : http://honeyzharratih.blogspot.com/2010/10/ilmu-sosial-dasar.html

3.Ilmu Sosial atau Ilmu Pengetahuan Sosial  adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyaraka
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_sosial

Kesimpulan : Ilmu sosial dasar ialah ilmu yang mempelajari tentang masalah sosial yang berkembang di lingkungan masyarakat. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menggunakan metode ilmiah dalam mempelajari manusia dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial.

0 komentar:

Posting Komentar